Program Sehat Satono Rofi Diperluas, Usai Terima Pelayanan Kesehatan Gratis Warga Dibuatkan BPJS Kesehatan

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono saat meninjau fasilitas gedung baru IGD RSUD Sambas 

Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas H Satono mengatakan, perluasan Program Sehat Satono Rofi ( PROSESAR) agar cakupan program berobat gratis di kelas III tersebut semakin besar. Prosesar dikemukakan oleh Satono artinya, pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat tidak mampu yang belum memiliki BPJS Kesehatan. Tidak hanya dilakukan di rumah sakit milik daerah saja, tapi sudah bisa dilakukan di Puskesmas Rawat Inap. 

"Sejak diluncurkan Selasa 17 Agustus 2021 lalu, Program Sehat Satono Rofi yang merupakan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sambas sudah banyak melayani masyarakat terutama bagi yang kurang mampu. Dan kini kita kembali meluncurkan perluasan program PROSESAR," ujar Bupati, Kamis (11/08/2022) 

Satono menjelaskan, perluasan program PROSESAR dalam rangka memaksimalkan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat tidak mampu, dan mendorong agar seluruh masyarakat Kabupaten Sambas terlindungi dengan program BPJS Kesehatan.

"Perluasan program PROSESAR ini juga dalam rangka mendukung percepatan pemulihan kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid-19. Semakin banyak warga Kabupaten Sambas yang sehat, kuat dan mampu bekerja, maka semakin cepat ekonomi Sambas bangkit," katanya.

Bupati menambahkan, sedangkan bagi masyarakat Kabupaten Sambas yang sudah mendapat pelayanan kesehatan gratis dengan program PROSESAR akan dibuatkan kartu BPJS Kesehatan. Sehingga mereka tidak selamanya menggunakan program PROSESAR dan terlindungi dengan program BPJS Kesehatan.

"Nanti ada tim assessment yang menentukan apakah seorang pasien ini kategori keluarga mampu atau tidak mampu. Kalau mereka mampu maka akan dibuatkan BPJS mandiri. Bayar sendiri iurannya. Kalau tidak mampu akan dibuatkan BPJS PBI, atau Penerima Bantuan Iuran dari pemerintah," tutup Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini