Dewan Sambas Dorong Perda Retribusi Objek Wisata

Editor: Redaksi

 

Wakil ketua dan anggota DPRD kabupaten Sambas mendengarkan pemaparan perkembangan taman wisata danau Sebedang dari Pokdarwis Paggong Sebedang 

Sambasnews.com (SAMBAS)-Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin mengatakan, kunjungan kerja Komisi II DPRD kabupaten Sambas ke Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) Paggong Sebedang kecamatan Sebawi kabupaten Sambas belum lama ini merupakan bentuk kepedulian DPRD terhadap pembangunan kabupaten sambas satu diantaranya mengenai masalah pembangunan wisata Kabupaten Sambas. 

“Pertemuan dengan Pokdarwis Paggong Sebedang beberapa waktu lalu merupakan bentuk kewajiban anggota DPRD di luar masa persidangan. Dalam pertemuan tersebut, termasuk yang kita bahas adalah tentang usulan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Objek Wisata,” ujar Ferdinan, Senin. 

Legislator PDIP ini menjelaskan melalui kunjungan kerja tersebut, wakil rakyat mendengar langsung dari Pengelola Wisata Alam Danau Sebedang, bagaimana pengelolaan wisata danau sebedang selama ini, baik upaya-upaya yang telah dilakukan hingga permasalahan yang dihadapi. 

Ferdinan mengungkapkan pihak pengelola wisata danau Sebedang selama ini sangat taat membayar pajak. Namun pajak itu berasal dari hiburan, usaha dan sebagainya bukan dari Objek Wisata.

“Ini yang menjadi perhatian kami DPRD, bagaimana kedepan DPRD Sambas bisa mendorong agar Perda Retribusi Objek Wisata bisa dibentuk. Sehingga ada dasar bagi pengelola Objek Wisata untuk menarik retribusi dari setiap pengunjung yang datang,” tegas Ferdinan. 

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Melani Astuti membenarkan hal itu, dikatakan dia, DPRD Kabupaten Sambas melalui Komisi II akan menjadikan data dan informasi yang didapat dari kunjungan kerja itu ditindaklanjuti semaksimal mungkin. 

"Pada prinsipnya, agar pendapatan asli daerah dari sektor wisata dapat optimal dan maksimal, memang harus ada regulasi yang menguatkannya. Ini yang akan menjadi rencana kerja kita, mendorong optimalisasi pendapatan asli daerah dari beragam sektor termasuk sektor wisata,” ungkap Melani.

Sebelumnya Komisi II DPRD Kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke lokasi Wisata Alam Danau Sebedang, di Desa Sempalai Sebedang kecamatan Sebawi. Kunjungan Kerja Komisi DPRD yang membidangi Perekonomian dan Keuangan itu dipimpin langsung Ketua Komisi Melani Astuti. 

Kunker juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD, Ferdinan Syolihin SE, Anggota Komisi II, Harni Indriani SP, H Bahidin SH, Tjong Tji Hok SPd MPd, Jan Min, dan Winardi SE. Wakil Rakyat dari beberapa Fraksi DPRD Kabupaten Sambas dalam kesempatan tersebut disambut oleh Ketua Pokdarwis Paggong Sebedang, Ardy Sanjaya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini