Siswa SMK 1 Tebas Antusias Ikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Dengan Pemateri Wakil Ketua DPRD Sambas

Editor: Redaksi

 

Wakil ketua DPRD Sambas Ferdinan Syolihin bersama dewan guru dan para siswa SMKN 1 Tebas, usai sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara, Selasa (27/09/2022).

Sambasnews.com ( SAMBAS)-SMKN 1 Tebas menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan dan bernegara yang digelar di salah satu ruang kelas di SMK negeri 1 Tebas, Selasa (27/09/2022).

Kegiatan yang menghadirkan Ferdinan Syolihin, Wakil Ketua DPRD kabupaten Sambas sebagai narasumber diikuti dengan penuh antusias oleh para siswa dan siswi kelas XII SMKN 1 Tebas. 

Dalam kesempatan tersebut para siswa dan siswi terlihat penuh konsentrasi mendengarkan pemaparan terkait 4 pilar berbangsa dan bernegara, yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD.

Ferdinan Syolihin dalam pemaparannya menyampaikan, 4 pilar berbangsa dan bernegara terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Penting bagi para siswa dan siswi mengetahui sejarah 4 pilar berbangsa dan bernegara ini, 4 pilar berbangsa dan bernegara ini bisa menjadi bekal para siswa dan siswi ketika sudah tamat dari sekolah dan hidup bermasyarakat," ujar Ferdinan, Selasa.

Sejarah 4 pilar berbangsa dan bernegara menurut Ferdinan dicetuskan oleh Taufik Kiemas, dan menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

"Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari perlu dilakukan oleh warga negara Indonesia, salah satu contoh pengamalan Pancasila tersebut mewujudkan saling toleransi, mewujudkan saling menghargai sesama warga negara," jelas Ferdinan.

"Begitu juga dengan UUD 1945, dalam UUD 1945 terdapat aturan bernegara yang diterapkan. Demikian juga dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau dipersatukan dalam NKRI. Bhineka Tunggal Ika, walaupun berbeda namun tetap satu jua. Artinya Indonesia terdiri dari suku dan budaya dan agama yang berbeda, dipersatukan sebagai bangsa Indonesia," papar Ferdinan.

Kepala sekolah SMK negeri 1 Tebas, Indah Astuti mengatakan, pengetahuan 4 pilar berbangsa dan bernegara sangat diperlukan oleh siswa dan siswi kelas XII SMKN 1 Tebas.

"Terimakasih kepada Wakil Ketua DPRD kabupaten Sambas dalam hal ini Bapak Ferdinan Syolihin, berkenan menjadi narasumber sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara. Diharapkan agar para siswa benar-benar mendengarkan dan menyerap apa yang disampaikan," kata Indah Astuti.

"Apalagi siswa dan siswi tidak lama lagi akan selesai mengenyam pendidikan, tentu diharapkan apa yang didapat dari sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat," pintanya.

Suriani satu diantara siswi SMKN 1 Tebas mengaku senang bisa mengikuti kegiatan sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara, ia mengatakan setelah mengikuti sosialisasi akan berupaya menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Materi yang disampaikan kepada kami menambah pengetahuan kami sebagai siswa dan siswi, sehingga kami sebagai pelajar bisa mengetahui apa itu 4 pilar berbangsa dan bernegara," kata Suriani.

Share:
Komentar

Berita Terkini