Penyempitan dan Pendangkalan Sungai Sijang Penyebab Banjir di Desa Sijang

Editor: Redaksi

 

Kondisi banjir yang menggenangi desa Sijang hampir sepekan terakhir 

Sambasnews.com-Penjabat Kepala Desa Sijang kecamatan Galing kabupaten Sambas, H Bunjani, S.Pd.I mengatakan, banjir yang merendam beberapa RT di desa Sijang salah satunya disebabkan oleh penyempitan dan pendangkalan sungai Sijang.

"Selain disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan terus menerus, penyempitan dan pendangkalan sungai menjadi salah satu faktor terjadinya banjir di desa Sijang," ujarnya, Jumat.

Untuk itu kata Bunjani, perlu ada upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah agar banjir tidak terjadi lagi di Sijang.

"Upaya tersebut bisa dengan melakukan normalisasi sungai Sijang, sehingga sungai Sijang tidak lagi dangkal dan tidak lagi terjadi penyempitan," katanya. 

"Dan kalaupun masih terjadi, paling tidak ketinggian air berkurang dan bisa habis atau air turun ke sungai dalam waktu yang lebih cepat," tutupnya.

Sementara Rusdin, S.Sos, Kepala desa terpilih desa Sijang mengatakan, normalisasi sungai Sijang Besar dan anak sungai Sijang selalu di perioritaskan di masa dirinya menjabat Kades periode 2015-2021 lalu.

"Normalisasi Sungai Sijang selalu menjadi prioritas dalam Daftar Usulan (DU) di Musrenbang, dan bahkan pengusulan sudah dilakukan sejak Kades periode sebelum saya. Namun untuk Normalisasi Sungai Sijang Besar sampai saat ini belum pernah terealisasi. Semoga kedepan usulan agar Sungai Sijang Besar bisa di normalisasi dapat terlaksana," harap Rusdin.

Share:
Komentar

Berita Terkini