Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Bupati Satono Serahkan 176 Unit Alsintan

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono didampingi oleh Sekda Sambas Fery Madagaskar dan Kadis Pertanian dan ketahanan pangan menyerahkan alsintan kepada anggota Gapoktan penerima bantuan alsintan.

Sambasnews.com-Bupati Sambas H Satono mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sambas berkomitmen penuh untuk mendongkrak produktivitas sektor pertanian dengan program-program yang telah dirancang. 

Diantaranya menurut Bupati, dengan memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani dengan harapan, selain meningkatkan produktivitas sektor pertanian, juga secara tidak langsung mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan untuk kemajuan daerah.

"Sambas merupakan wilayah yang 70 persen dari total populasi penduduknya bergerak di sektor pertanian. Artinya maju mundurnya ekonomi Kabupaten Sambas sangat ditentukan oleh para petani," ujar Bupati.

Bantuan Alsintan kepada kelompok tani tersebut kata Bupati, merupakan bentuk apresiasi dan perhatian Pemerintah Kabupaten Sambas kepada petani. Dengan tujuan agar Gapoktan dan Poktan yang ada bisa memaksimalkan potensinya masing-masing.

"Alsintan yang diberikan kepada petani ini kalau dinominalkan lebih kurang Rp 5 miliar. Seharusnya itu bisa meningkatkan produktivitas hasil tani bagi kelompok tani yang menerimanya," katanya.

Satono juga meminta agar kelompok tani yang menerima bantuan Alsintan tersebut menjaga dan merawatnya dengan baik agar masa pakainya panjang.

"Saya minta Alsintan yang sudah diserahkan ini dijaga sebaik mungkin. Karena untuk menganggarkan lagi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi ditengah situasi keuangan kita yang terbatas," tutup Bupati.

Seperti diketahui, Bupati Satono telah menyerahkan 176 unit alsintan kepada petani melalui Gapoktan yang diserahkan secara simbolis di kantor Dinas Pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Sambas, Rabu kemarin. Alsintan yang diserahkan tersebut terdiri dari hand traktor, combine hasverter (mesin panen padi) serta sejumlah alat mesin pertanian yang lainnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini