Petani Serunai Keluhkan Serangan Hama Tikus

Editor: Redaksi

 

Tanaman padi milik petani di desa Serunai kecamatan Salatiga kabupaten Sambas.

Sambasnews.com-Petani di desa Serunai Kecamatan Salatiga kabupaten Sambas mengeluhkan tanaman padi milik mereka, diserang hama tikus. Akibat serangan tersebut, petani mengaku resah dengan tingginya serangan hama tikus tersebut.

Ketua Kelompok Tani Tri Karya desa Serunai, Asmadi mengungkapkan, saat ini tanaman padi milik petani sedang memasuki masa pembuahan.

"Akibat serangan hama tikus itu petani menjadi resah, yang lebih menyedihkan lagi padi petani tersebut baru memasuki masa pembuahan," ujar Asmadi, Rabu (15/2/2023).

Menurut Asmadi, serangan hama tikus yang dialami oleh petani di desa Serunai merupakan yang kedua kalinya.

"Serangan hama tikus kali ini merupakan tahun yang kedua, yang mana jika terkena serangan hama tikus maka sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan panen padi yang baik, bahkan bisa terancam gagal panen" katanya.

Asmadi berharap, agar apa yang dialami oleh petani di desa Serunai mendapat perhatian dari Dinas pertanian. Supaya ke depan katanya, serangan hama tikus tersebut tidak terjadi lagi.

"Dengan itu juga saya sangat berharap kepada penyuluh pertanian dan dinas pertanian untuk bisa membantu petani, kalau harus dengan gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus maka ayo bimbing petani untuk melakukan hal tersebut," katanya.

"Dan jika ada racun tikus atau obat pembasmi tikus, maka bantuan tersebut sangat diharapkan oleh petani yang terkena serangan hama tikus tersebut," tutup Asmadi.

Share:
Komentar

Berita Terkini