Dapat Penghargaan Pajak Daerah, Pokdarwis Paggong Sebedang Berkontribusi Tingkatkan PAD Sambas

Editor: Redaksi
Pokdarwis Paggong Sebedang terima penghargaan Pajak Bumi dan Bangunan dari Pemerintah Kabupaten Sambas.


Sambasnews.com-Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Paggong Sebedang kecamatan Sebawi kabupaten Sambas, Ardy Sanjaya mengatakan, salah satu program Pokdarwis adalah mendukung pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Sambas.

Hal tersebut dikatakan oleh Ardy, atas penghargaan yang diterima oleh Pokdarwis Paggong Sebedang sebagai penerima penghargaan Pajak Bumi dan Bangunan dari Pemerintah Kabupaten Sambas.

"Alhamdulillah Pokdarwis Paggong Sebedang raih Penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Sambas atas kepatuhan dalam memenuhi kewajiban pajak daerah, melalui segala kegiatan event dan aktifitas tiket masuk di Danau Sebedang," ujar Ardy.

Ia mengungkapkan, telah menyumbangkan 15 persen dari hasil kegiatan usaha untuk PAD, bahkan setiap Cafe dan Kantin yang ada di Danau Sebedang juga sudah masuk dalam Pajak Restoran sebesar 10 persen.

"Penarikan tiket masuk bagi pengunjung di Paggong Sebedang tidak dapat dilaksanakan dengan bebas, namun sesuai Perda Pajak Khusus Wisata yang difokuskan hanya pada saat diadakan kegiatan maupun hiburan di lokasi wisata dengan pajak sebesar 15 persen," ungkapnya.

"Di Kabupaten Sambas belum ada Pajak Khusus Wisata, yang kami lakukan mengunakan Pajak Hiburan artinya di setiap kawasan wisata yang di pungut biaya tiket masuk wajib memberi hiburan misal hiburan musik band, orgen tunggal dan atraksi. Jika tidak ada hiburan yang di fasilitasi Panitia untuk kawasan wisata maka Perda Hiburan tidak berlaku," sambungnya.

Ardy berterimakasih kepada Bupati Sambas atas atensinya terhadap Wisata Paggong Sebedang, serta pihak-pihak terkait yang sudah memberikan dorongan secara khusus kepada Pokdarwis Paggong Sebedang dalam memajukan objek wisata lokal.

Ardy berharap, penghargaan yang diterima dapat menjadi motivasi dan semangat untuk membangun Daerah.

"Semoga ini menjadi contoh kepada Pokdarwis dan pelaku usaha wisata di Kabupaten Sambas. Juga yang paling penting adalah mematahkan stikma negatif dari bahasa pungli yang ada di Danau Sebedang, sekarang kami buktikan kami siap berkolaborasi untuk Daerah,"tutupnya.

Sebelumny, Pokdarwis Paggong Sebedang telah menerima penghargaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada  launching E-Pakatan dan Pekan Panutan PBB-P2 tahun 2023 di Taman Lunggi Sambas senin (23/5/2023).

Share:
Komentar

Berita Terkini