Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII Sukses Gelar Festival Budaya Perbatasan 2023 di Sambas

Editor: Redaksi
Festival Budaya Perbatasan Tahun 2023 di Kabupaten, 22-24 September 2023.


Sambas - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbudristek melalui Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XII sukses menggelar  Festival Budaya Perbatasan Tahun 2023 di Kabupaten Sambas. 

Kegiatan yang berlangsung 22-24 September dan dipusatkan Tugu Rebung Sambas ini sukses menjadi perhatian ribuan masyarakat Sambas yang haus akan rekreasi edukasi. 

Kepala BPK Wilayah XII, Dra. Dewi Murwaningrum, M.Hum mengatakan, Balai Pelestarian Kebudayaan mengemban tugas guna terlaksananya pelestarian kebudayaan dan objek pemajuan kebudayaan di wilayah Kalimantan Barat. 

"Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2023, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII mempunyai tugas melaksanakan Pelestarian Kebudayaan dan Objek Pemajuan Kebudayaan di Wilayah Kalimantan Barat," ujar Dewi Murwaningrum, Minggu (24/9/2023). 

Dewi Murwaningrum mengungkapkan, peserta dalam kegiatan ini diantaranya Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIII, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIV, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota/Kabupaten se-Kalimantan Barat, Museum Provinsi Kalimantan Barat, dan Politeknik Negeri Sambas

Dewi Murwaningrum menekankan pentingnya menjaga segala macam bentuk kebudayaan yang telah ada, hal ini dilakukan dengan cara melakukan inventarisasi, pencatatan dan verifikasi. 

"Kita menyampaikan kepada masyarakat bahwa potensi budaya kita apa saja, mari dijaga dilestarikan, mana yang belum dicatat segera dicatat, mana yang berpotensi banyak belum di inventarisir, kita mengajak masyarakat ikut melestarikan budaya seperti tari tandak sambas, kemudian pameran pameran cagar budaya, nah hal ini kan sebelumnya telah dilakukan pencatatan verifikasi di masyarakat, ini adalah upaya dalam rangka menjaga dan melestarikan kebudayaan," paparnya.

Dewi Murwaningrum berharap festival kebudayaan perbatasan yang mengangkat tema Harmoni Budaya di Perbatasan, agar pemahaman dan apresiasi terhadap kebudayaan di daerah perbatasan semakin meningkat. 

"Pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Perbatasan 2023 diharapkan dapat memperkenalkan kekayaan budaya Kalimantan Barat dan meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap keragaman budaya di wilayah perbatasan," katanya. 

Untuk diketahui, festival budaya perbatasan yang digelar memiliki rangkaian diantaranya Pergelaran seni yang diikuti oleh 21 sanggar se-Kalimantan Barat dan 1 sanggar Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Tugu Rebung Sambas, Pameran Budaya yang diikuti oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIII, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIV, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, 14 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Museum Provinsi Kalimantan Barat dan Politeknik Negeri Sambas.

Share:
Komentar

Berita Terkini