Bupati Satono Panen Padi Khusus Kelompok Tani Trikarya Desa Serunai

Editor: Redaksi

 

Bupati Satono melakukan panen raya padi khusus kelompok tani Trikarya Desa Serunai Kecamatan Salatiga, Sabtu (16/9/2023).

Sambas - Bupati Sambas H Satono melakukan panen raya padi khusus, kelompok tani Trikarya desa Serunai Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas, Sabtu (16/9/2023).

Bupati Satono didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Barat, Florentinus Anum, Ketua TP PKK kabupaten Sambas Hj Yunisa Satono, dan juga turut hadir dalam panen khusus tersebut sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sambas. Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Eko Suprihatino, juga terlihat hadir mendampingi Bupati Sambas H Satono.

Bupati dalam kesempatan tersebut mengapresiasi Kelompok Tani Trikarya desa Serunai Kecamatan Salatiga, yang berhasil panen padi di saat kondisi kekeringan saat ini.

"Kita bersyukur ditengah kondisi musim panas seperti sekarang, Poktan Trikarya desa Serunai masih bisa panen dari musim tanam saat ini," ujar Bupati, Sabtu (16/9/2023).

Satono mengungkapkan, Kabupaten Sambas merupakan basis pangan di Kalimantan Barat. 

"Kita menyuplai pangan di Kalimantan Barat hampir mencapai 40 persen, Sambas ini menyuplai pangan untuk Kalimantan Barat sebanyak 40 persen," ungkap Satono.

Bupati mengajak para petani, untuk terus mempertahankan kondisi Kabupaten Sambas sebagai penyuplai pangan Kalimantan Barat sebesar 40 persen.

"Sektor hilir menjadi atensi semua komponen, mulai dari pemerintah kabupaten hingga pemerintah pusat," katanya.

Menurut Bupati, untuk menaikan produktivitas pertanian perlu diperhatikan beberapa sektor, mulai dari irigasi, bibit unggul dan lainnya.

"Namun yang paling adalah sektor hilir, agar harga padi menjadi lebih baik lagi. Dan sekarang saya dapat informasi harga padi sudah mencapai Rp 7000, dan Alhamdulillah saya bersyukur. Ini artinya pendapatan petani akan meningkat," kata Bupati.

Sementara Ketua Kelompok Tani Trikarya desa Serunai, Asmadi menyampaikan terimakasih kepada Bupati Sambas H Satono yang memberikan dukungan kepada petani di desa Serunai dan petani Kabupaten Sambas pada umumnya.

"Terimakasih kepada Bapak Bupati, yang telah menghadirkan pejabat dilingkungan Pemkab Sambas, dan hadir di desa Serunai dalam rangka panen padi khusus kelompok tani Trikarya," katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini