Hadiri Festival Pangan Lokal B2SA, Bupati Satono Ajak Semua Bersinergi Jaga Ketahanan Pangan

Editor: Redaksi
Penyerahan piala bergilir Festival Pangan Lokal B2SA kepada tim TP PKK Kecamatan Sambas oleh Bupati Sambas H Satono, Senin (16/10/2023).


Sambas -
Bupati Sambas H Satono mengapresiasi Festival pangan lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Sambas, dalam rangka peringatan hari pangan sedunia.

Bupati mengatakan, ada dua isu yang menjadi perhatian Presiden yang segera mendapatkan penanganan.

"Dua isu yang strategis dan menjadi atensi Bapak Presiden adalah penguatan ketahanan pangan di setiap daerah kita masing-masing, dan yang kedua adalah isu stunting yang juga menjadi atensi Bapak Presiden," ujar Bupati Satono, Senin (16/10/2023).

Menurut Bupati, Festival pangan lokal yang digelar sudah sangat luar biasa karena menyangkut ketahanan pangan.

"Kita ketahui bersama dampak dari elnino adalah kekeringan di beberapa tempat, dan terjadi mendunia sehingga mengancam pangan akibat kemarau menyebabkan gagal panen," kata Bupati.

"Namun Alhamdulillah berkat kasih sayang Allah bumi kabupaten Sambas dalam beberapa waktu terakhir ini diguyur hujan, walaupun di provinsi lain di Indonesia masih mengalami kekeringan," sambungnya.

Satono meminta agar kegiatan festival pangan yang telah digelar tidak hanya seremonial saja.

"Untuk itu kepada OPD terkait yang ada di Kabupaten Sambas untuk bisa bekerjasama dan bersinergi meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sambas, bagaimana kita bisa membangun sebuah sinergi termasuk juga Tim TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan hingga ke desa," kata Bupati.

PKK kata Bupati sebagai penggerak motor menggerakkan setiap desa, agar ketua PKK desa bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat.

"Saya minta betul-betul, karena ujung tombak dari semua ini ada di desa. Sehingga gerakan betul-betul desa itu," ucap Satono.

Untuk diketahui, Festival pangan lokal B2SA diikuti oleh TP PKK Kecamatan di Kabupaten Sambas. Setiap kecamatan menyajikan olahan pangan lokal dalam lomba tersebut, dan sebagai pemenang lomba tersebut adalah TP PKK Kecamatan Sambas.

Share:
Komentar

Berita Terkini