Dukung Tata Kelola Perencanaan Daerah Akuntabel, Pimpinan DPRD Sambas Konsultasi Ke Kemendagri

Editor: Redaksi

 

Unsur pimpinan DPRD kabupaten Sambas usai berkonsultasi dengan pihak Kemendagri


Sambasnews.com (SAMBAS)-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sambas, H Abu Bakar mengatakan unsur Pimpinan DPRD, berkomitmen mendukung pelaksanaan tata kelola keuangan yang akuntabel mewujudkan Kabupaten Sambas berkemajuan.

Dukungan tersebut dilakukan dengan melakukan konsultasi, ke Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) dipimpin oleh Ketua DPRD H Abu Bakar, Senin (6/12).

Legislatif Kabupaten Sambas dalam konsultasi tersebut, diterima langsung oleh pejabat dari Sub Direktorat Dukungan Teknis Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian RI, Roy. 

"Alhamdulillah, kami unsur pimpinan DPRD Kabupaten Sambas telah berkunjung ke Kemendagri, dalam rangka melakukan konsultasi mengenai beberapa kondisi di Kabupaten Sambas, diantaranya mengenai optimalisasi pengelolaan anggaran daerah," ujar H Abu Bakar. 

Kondisi pandemi, menurut Ketua DPRD, mengharuskan pemda bersama legislatif menyiasati dengan baik perencanaan anggaran daerah. 

"Pada prinsipnya, perencanaan Anggaran harus memberikan dampak positif bagi pelayanan, kesejahteraan dan pembangunan daerah," kata legislator Partai Gerindra tersebut. 

"Kita ingin mendapat masukan dan saran terkait perencanaan yang baik, agar terjadi optimalisasi APBD Kabupaten. Kondisi pandemi sekarang ini, tentunya menegaskan kepada Pemda dan Legislatif agar lebih baik lagi dalam mengatur dan merencanakannya menjadi perencanaan anggaran daerah yang terpadu, terarah sesuai visi misi yang diusung Pemerintah Kabupaten Sambas," papar H Abu Bakar. 

Wakil Ketua I DPRD, Ferdinan Syolihin SE menuturkan hal senada, dikemukakan dia Perencanaan Daerah merupakan bagian tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan nasional. Karenanya, menurut dia, ditengah-tengah pandemi, mengharuskan dilakukannya optimalisasi perencanan daerah yang terintegrasi dengan perencanaan nasional. 

"Alhamdulillah kita disambut hangat pihak Kementerian Dalam Negeri, oleh pejabat teknis terkait perencanaan daerah. Banyak informasi penting dan strategis yang kami peroleh dari pertemuan tersebut. Terutama bagaimana perencanaan daerah terutama berkaitan dengan APBD Kabupaten, banyak masukan dan saran. Tentunya apa yang menjadi penjelasan pihak kementerian telah sesuai regulasi yang berlaku. Terpenting, kedepannya apa yang tertuang dalam perencanaan daerah, apa yang termaktub pada APBD, memberikan dampak signifikan pada peningkatan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat maupun daerah Kab Sambas," papar Ferdinan.

Share:
Komentar

Berita Terkini