Wabup Fahrur Rofi Panen Raya Padi Varietas Inpari 37 Poktan Guntur Desa Singaraya

Editor: Redaksi

 

Panen raya padi varietas Inpari 37 di desa Singaraya kecamatan Semparuk 

Sambasnews.com (SAMBAS)-Kelompok Tani (Poktan) Guntur  Desa Singaraya, Kecamatan Semparuk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar, menggelar panen raya padi Varietas Unggul Baru (VUB) Inpari 37 di desa Singaraya, Senin (18/7/2022).

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi bersama Komandan Kodim Sambas, Letkol Infanteri Dadang Armada Sari, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Suriadi, serta perwakilan Kepala BPTP dan Dinas Pertanian provinsi Kalbar mengawali panen raya tersebut.

Untuk diketahui Benih padi VUB Inpari 37 tersebut merupakan benih unggul dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kalbar. BPTP Kalbar sebelumnya pernah mengembangkan benih padi VUB Inpari 36 di Desa Lonam, Kecamatan Pemangkat, Sambas.

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi saat diwawancarai mengatakan, benih padi VUB Inpari 36 dan Inpari 37 sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Sambas. Selain tahan penyakit, masa panen juga lebih singkat dari biasanya dan hasilnya cukup memuaskan.

"Benih padi VUB Inpari 36 dan 37 tersebut, berdasarkan informasi dari BPTP Kalbar adalah benih yang tahan terhadap penyakit tungro," ujar Fahrur Rofi, Senin. Saat ini kata Wabup petani di demplot Desa Singaraya, Kecamatan Semparuk sedang mengembangkan benih tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Musanif mengatakan, benih padi VUB Inpari 37 tersebut sebelumnya pernah dicoba di Kecamatan Pemangkat dan berhasil. Kali ini keberhasilan panen padi VUB Inpari 37 juga dirasakan petani di Kecamatan Semparuk.

"Sekarang adalah tahun muda, kata orang itu musim kering karena kemarau dari Februari hingga Agustus. Tapi dengan metode dan pengolahan tanah yang benar oleh petani, padi VUB Inpari 37 bisa berhasil dan panen melimpah," katanya.

Musanif mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berkomitmen untuk mendukung program pertanian berkelanjutan bagi masyarakat. Sebagai wilayah penyokong pangan di Provinsi Kalbar, pertanian di Kabupaten Sambas harus selangkah lebih maju dari daerah lain.

"Kita berharap dengan dukungan semua pihak, produktivitas panen padi dengan benih VUB Inpari 37 ini bisa lebih tinggi dari yang di harapkan, kalau di Lonam Pemangkat kemarin mencapai 9 ton gabah kering per hektar. Di Semparuk juga kurang lebih sama, dan kita akan terus kembangkan," pungkasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini