Festival Sagu Dapat Tumbuh Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Kotabangun

Editor: Redaksi
Bupati Sambas H Satono menghadiri dan membuka secara resmi festival sagu ketiga di Dusun Kota Bangun Desa Sebangun Kecamatan Sebawi.


Sambas - Bupati Sambas H Satono mengapresiasi Kepala Desa dan masyarakat desa Sebangun Kecamatan Sebawi yang telah berhasil menggelar Festival Sagu III, yang digelar 16 hingga 21 Nopember 2023.

"Saya senang dan bahagia dan mengapresiasi Kades Sarbini, yang telah mengkampanye kan tanaman sagu melalui festival sagu," ujar Bupati Satono, Sabtu.

Bupati Satono dalam kesempatan tersebut mendorong masyarakat dusun Kotabangun desa Sebangun, untuk bersama-sama membangun desa Sebangun.

"Kampung yang akan maju harus bergotong royong, harus bersama-sama dan bahu membahu. Saya minta Kepala Desa, perangkat desa, Ketua dan anggota BPD memberikan pengabdian kepada masyarakat," kata Bupati.

Bupati Satono meminta kegiatan festival sagu yang menjadi kearifan lokal di desa Sebangun, agar dapat dijadikan model dan rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Kepada Kadis Kumindag Sambas saya minta, kegiatan ini (Festival Sagu) harus rutin dilaksanakan setiap tahun. Ini satu satunya desa yang mengadakan festival sagu yang merupakan makanan lokal kearifan lokal, harus dipertahankan," pinta Bupati.

"Dan kedepan saya minta ada lagi festival sagu yang keempat dan selanjutnya," sambungnya.

Satono berharap kegiatan serupa ditahun depan dapat lebih ramai dan lebih heboh. Dia meminta panitia pelaksana melibatkan lebih ramai lagi peserta dan pengunjung.

"Bila perlu undang seluruh Kepala Desa, undang seluruh Camat. Hebohkan betul-betul, sehingga semua jadi mengetahui dan tahu kampung sagu yang ada di desa Sebangun. Tapi saya maunya ada turunan dari olahan sagu, dan dalam hal ini saya minta Kumindag dapat memberikan pendampingan dalam pengolahan berbahan sagu. Melalui sagu ini, ekonomi kerakyatan di Sebangun dapat tumbuh dan berkembang," katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini