Kakanwil Kemenkumham Kalbar Safari Ramadhan di Rutan Sambas

Editor: Redaksi

 

Pemberian bantuan kepada anak yatim, satu diantara rangkaian Safari Ramadhan Kakanwil Kemenkumham Kalbar di Rutan Kelas IIB Sambas, Jum'at (29/3/2024).

Sambas - Kepala Rumah tahanan negara (Karutan) Kelas IIB Sambas Luhur Prasaja mengatakan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham (Kakanwil) Kalimantan Barat dan Pimti Pratama beserta anggota staf telah melaksanakan Safari Ramadhan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sambas, Jum’at (29/03/2024).

"Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi Sambas dan Bapas Sambas, Dharma Wanita Persatuan Rutan Sambas dan perwakilan Warga Binaan Rutan Sambas," ujar Luhur Prasaja, Jum'at (29/3/2024) malam.

Dia menyebutkan, tujuan kegiatan tersebut sebagai pembinaan tugas pokok dan fungsi serta peningkatan iman dan takwa sebagai wujud dari pembinaan kerohanian Warga Binaan khususnya di Bulan Ramadhan. "Selain itu juga, untuk mempererat hubungan antara petugas Rutan Sambas dengan para warga binaan," katanya.

"Harapannya, Safari Ramadan ini tidak hanya menjadi waktu untuk berbagi kebahagiaan dan semangat menyambut Ramadan, tetapi juga untuk memperkuat hubungan sosial dan spiritual antara petugas Rutan, warga binaan, dan masyarakat umum," katanya.

Untuk diketahui, kegiatan Safari Ramadhan tersebut diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ustad Ahmad Syafrizan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Rutan Kelas IIB Sambas.

Safari Ramadan di Rutan Sambas juga dirangkai dengan berbagai kegiatan keagamaan, seperti pemberian Al Quran secara simbolis kepada perwakilan Warga Binaan, pemberian santunan kepada anak yatim,  serta pembagian hadiah pemenang lomba Adzan.

Dalam kegiatan tersebut, sebelum tiba waktu berbuka puasa disampaikan tausiyah oleh Ustadz Darwadi dengan tema Taubat Pada bulan Suci Ramadhan.

“Ramadhan adalah bulan dimana awalnya rahmat, tengahnya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka. Siapa yang meringankan beban orang lain maka Allah subhanahu wata'ala mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka," kata Ustad Darwadi.

Share:
Komentar

Berita Terkini