Manggala Agni Apresiasi Peningkatan Kapasitas Penanganan Karhutla Kecamatan Tebas

Editor: redaksi

Simulasi pemadaman api oleh Menggala Agni bersama regu pemadam kebakaran dari  desa dan perusahaan perkebunan kelapa sawit dihalaman kantor camat Tebas, Rabu (14/8/2019)

Sambasnews-Kepala Manggala Agni Daops Singkawang, Yuyu Wahyudin menyebutkan Peningkatan kapasitas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bagi regu pemadam kebakaran yang digelar oleh kecamatan Tebas sejalan dengan upaya mengantisipasi Karhutla.

"Ini sejalan dalam rangka kesiapsiagaan antisipasi kebakaran hutan dan lahan di kalbar dan khususnya di kabupaten Sambas wilayah kecamatan Tebas," ujar Yuyu Wahyudin, Rabu.

Dikatakan jika kegiatan yang digelar oleh kecamatan Tebas dalam menanggulangi Karhutla, sangat baik dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan kemampuan tim satuan petugas pemadam kebakaran.

"Ini baik untuk kelompok tani pemadam api (KTPA) atau BPKS, Linmas desa, perusahaan, semua pihak terkait, " katanya.

Yuyu menekankan bagi masyarakat yang terdapat di kecamatan Tebas, untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Yang saya tekankan, saya menghimbau kepada seluruh warga kabupaten Sambas khususnya dikecamatan Tebas. Untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, terlebih sekarang memasuki musim ekstrim panas yang kuat yang mana kita identik dengan pengekspor asap. Jangan sampai terjadi lagi dan terulang kembali," tegasnya.

Walaupun memang lanjutnya, pantauan hotspot di kabupaten cukup tinggi. Namun dengan adanya kerjasama semua pihak, hal tersebut bisa ditekan.

"Alhamdulillah berkat sinergitas yang kita jalin bersama semia pihak, itu bisa ditekan. Terbukti pantauan tanggal 13 kemarin hanya ada beberapa titik api lagi.  Ini yang perlu kita pertahankan, terlebih
dengan kegiatan peningkatan kapasitas penanggulangan Karhutla bagi regu pemadam kebakaran. Mereka merupakan ujung tombak dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, disamping alat, personil dan tidak lupa dukungan daripada pendanaan Muspida dan Muspika," jelas Yuyu.

Diketahui pada Rabu pagi, kecamatan Tebas menggelar peningkatan kapasitas penanganan karhutla bagi regu pemadam kebakaran.
Kegiatan diikuti oleh KTPA, KPA, Linmas desa sekecamatan Tebas, Damkar perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada dikecamatan Tebas.
Kegiatan yang dibuka oleh Camat Tebas Marianis Majri, turut dihadiri oleh Danramil Tebas, Peltu Effendi, Sekretaris BPBD kabupaten Sambas, Halibus dan Kepala Manggala Agni Daops Singkawang. (TIM)
Share:
Komentar

Berita Terkini