Koordinasi Kanwil Kemkuham Kalbar ke DPRD Sambas, Ferdinan: Jadi Rambu-rambu Hadirkan Produk Hukum

Editor: Redaksi

 

Wakil ketua DPRD I Ferdinan Syolihin didampingi Wakil ketua III DPRD, Suriadi dalam memimpin pertemuan bersama Kemenkumham Wilayah Kalbar

Sambasnews.com (SAMBAS)-Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihin mengatakan, banyak masukan dan tambahan wawasan dalam rangka penyusunan naskah akademik sebuah produk hukum, setelah pihaknya mengadakan pertemuan bersama Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kalbar.

"Pertemuan dengan pihak Kemkumham Kanwil Kalbar, memberikan tambahan pengetahuan yang luas bagi kami di lembaga legislatif ini. Tentunya menjadi rambu-rambu kami dalam menghadirkan produk hukum yang harus dipastikan tidak bertabrakan dengan aturan yang ada diatasnya. Bahkan bagaimana bisa selaras dengan undang-undang cipta karya," ujar Ferdinan Syolihin. 

Wakil Ketua I DPRD juga sependapat dengan pihak Kemkumham terkait obesitas produk hukum. Dia berharap kedepannya, produk hukum yang dimiliki kabupaten Sambas, sesuai dengan kebutuhan dan efektif dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan rakyat. 

"Bagaimana agar kedepannya tidak terjadi tumpang tindih aturan, dan aturan yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan diatasnya. Insya Allah kedepan, produk hukum yang dihasilkan Legislatif dan Eksekutif menjadi lebih berkualitas untuk memperkuat akselerasi pembangunan dan kesejahteraan rakyat," tegas Ferdinan.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas mendapat kunjungan dari Aparatur Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kalimantan Barat. 

Pertemuan dalam rangka fasilitasi penyusunan naskah akademik serta analisi dan evaluasi hukum terhadap produk hukum terkait undang-undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja. Rombongan Kemkumham Kalbar tersebut dipimpin langsung Edy Gunawan, Kabid Hukum, Dini Nursilawati, Kasubbid FPPHD dan beberapa staf bidang hukum Kemkumham Kanwil Kalbar. 

Pertemuan dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD, Ferdinan Syolihin, bersama Ketua DPRD, H Abu Bakar, Wakil Ketua III Suriadi, Ketua Komisi I DPRD, Lerry Kurniawan Figo dan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Sambas. Komunikasi dan koordinasi digelar di Ruang Rapat Komisi DPRD Kabupaten Sambas beberapa waktu lalu. 

Secara garis besar, Edy Gunawan, menjelaskan maksud kedatangan dia dan rombongan. 

"Ini dalam rangka koordinasi terkait fasilitasi penyusunan naskah akademik dan analisis dan evaluasi hukum terhadap produk hukum terkait Undang-Undang Cipta Kerja," ujar Edy. 

Edy juga mengungkapkan, rombongannya sebelum berkomunikasi dengan pihak legislatif, telah menjalin koordinasi ke Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sambas. Dikatakan dia, diperlukan analisis fasilitasi produk hukum. 

"Kita ingin melihat akselerasi dari produk hukum yang sudah dihasilkan," tutur dia. 


Ditambahkan Edy Gunawan, komunikasi dengan pihak legislatif, dalam rangka kajian analisis dan komprehensif terkait apakah produk hukum yang ada di Kabupaten Sambas sudah selaras dengan Undang-undang Cipta Karya. 

"Diperlukannya kajian analisis yang komprehensif itu, agar bisa kita selaraskan dengan produk hukum undang-undang cipta karya. Biar tidak terjadi obesitas produk hukum," imbuh dia. 

Share:
Komentar

Berita Terkini